Asyiknya Membuat Model Dengan “Pepakura Designer”

14 03 2009

pepakura-besariron-helmet-5-edited

Bagi yang udah keranjingan sama fiberglass, pastinya pengen terus berinovasi dan mencoba hal-hal yang baru. Hal ini tentu sahaja akan menambah kemampuan skill kita tentang fiberglass, karena kalo kita malas berlatih dan enggan bereksperimen maka bisa dipastikan pengetahuan kita akan terbatas. Boleh dibilang para ahli modifikasi atau pengrajin fiberglass di Indonesia, mereka menjadi ahli secara otodidak. Mungkin hanya sebagian kecil yang ilmunya didapat dibangku sekolah atau kuliah.

Jadi intinya, ayo maksimalkan potensi diri kita dalam berkarya!!!
(Wah kepanjangan cin-cong-nya nih he..he..)

Nah diposting terbaruku ini (lama banget ga posting rek), kita akan mencoba memanfaatkan sebuah software untuk membuat model prototype.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah model protoype, ada yang menggunakan clay, tanah liat, plastisin, kardus, styrofoam dan lain-lain. Namun kadang mungkin kita akan menemui kesulitan, ketika akan membuat sebuah model yang membutuhkan ke-detail-an dan ke-presisi-an. Hal ini bisa dibantu dengan menggunakan gabungan software 3D dan Pepakura Designer (PD). Pepakura sendiri adalah sebuah seni melipat dan menggabungkan kertas yang akan membentuk sebuah model berdimensi 3 dimensi yang konon berasal dari Negeri Sakura. Nah, berikut ini penjelasaannya:

1. Membuat layout model dengan software 3D
Yang pasti disini minimal kita harus menguasai teknik dasar modeling 3D (software 3D bisa menggunakan 3Dmax, LightWave, Maya dll) kalo aku sendiri pakai 3Dmax 7. Menggunakan teknik modeling berguna untuk pembentukan pattern sebuah model, yang nantinya setelah di-konvert ke program pepakura akan menjadi potongan-potongan bagian model.

poly_max1
Gbr. Disain Mask Iron Man Di 3D Max 7

Disain kahir dalam 3Dmax tidak usah di “smooth”, karena yang kita manfaatkan pattern polygon-nya sebagai tanda pelipatan dan pengguntingan kertas. Setelah disain dirasa cukup sempurna jangan lupa di-export sehingga file-nya berekstensi “.3ds” karena salah satu file yang bisa dibuka PD adalah jenis yang berekstensi .3ds.

max_export_select
Gbr. Dialog box export file 3dmax menjadi .3ds

2. Meng-konvert model polygon dengan Pepakura Designer
Jika model polygon dari 3Dmax sudah siap, sekarang tinggal di-konvert dengan PD. Software ini akan “memecah” model polygon menjadi potongan-potongan sisi model, sehingga ketika dicetak kedalam sebuah media (kertas, plastik dll) dapat dipotong-potong dan disusun layaknya model pepakura. Sekedar tips, jika menginginkan model yang kita bentuk ukurannya sama persis dengan desain yang kita inginkan. Pada saat pembuatan modeling polygon di 3D Max agar ukuran unit measurement-nya dijadikan menjadi “cm” dan sewaktu akan meng-unfold jangan lupa men-setting “scale”-nya menjadi 10 scale, InsyaAllah nanti hasil print-nya mendekati ukuran sebenarnya.

pepa_done
Gbr. Desain Mask Iron Man Yang Sudah Di-Unfold

Setelah itu baru mulai kita menyusun satu persatu hasil potongan-potongan kertas hasil dari PD. Media kertas sebaiknya menggunakan yang agak tebal, seperti kertas manila dan sejenisnya tergantung lebar model yang dibentuk.

iron-helmet-1-edited
Gbr. Hasil Penyusunan Mask Iron Man Yang Sudah 100%.

Tahap selanjutnya model kertas ini kita lapisi dengan campuran adonan resin & katalis perbandingan 20:5 biar agak cepat mengeras. Pulas dengan kuas secara bertahap sampai modelnya benar-benar mengeras.

iron-helmet-2-edited
Gbr. Model Yang Sudah Dilapisi Campuran Resin & Katalis.

Agar model yang kita buat lebih halus dan ciamik, maka kita harus berlengket-lengket ria dengan dempul. Dempul bisa menggunakan dempul mobil (begitu istilah orang Toko Bangunan)

iron-helmet-3-edited
Gbr. Model Yang Sudah Diberi Dempul.

Tahap terakhir adalah finishing yaitu pen-cat-an, tetapi pastikan model sudah sangat-sangat sempurna tidak ada kecacatan sedikitpun. Nah kira-kira seperti inilah hasil akhir jadinya:
iron-helmet-5-edited
Gbr. Hasil Akhir Model “Mask Iron Man”

Kalau pengen model dijadikan banyak, maka kita harus melakukan pe-molding-an. Banyak teknik yang bisa dipakai, bisa menggunakan silicon rubber (RTV), dengan fiberglass sendiri, clay atau gipsum. Teknik-tekniknya bisa dicari di YouTube masukin aja keyword-nya “Making Molding Using Fiberglass” insya Allah ketemu.

Selamat mencoba, good luck!!!

Sumber gambar: koleksi pribadi & instructable.com


Aksi

Information

45 responses

14 03 2009
resinkatalis

Halo semuanya, akhirnya bisa posting lagi.

Mohon maaf buat komen2 yg belum terjawab, karena aku sangat sibuk sekali akhir-akhir ini. (Maklum musim kampanye he..he..)

Btw thx a lot kagem “pak_dhe” yg udah mbantuin njawab pertanyaan temen2. Pak_dhe juga usaha fiber ya? bagi2 dong ilmunya, ada blog atau forum ga?

Tambahan:
ini link buat download software PD http://www.tamasoft.co.jp/pepakura-en/download/download.html

Semoga membantu….

27 03 2009
nugie bike

wah2 artikelnya keren2 abis bro sesuai yang aku cari tapi ni ngomong2 ad masternya 3 D max ndak ni aku minta dong hee….

12 05 2009
ryan

saluuttt, mo nanya, punya desainnya lamborgini yang tipe reventon? klu ada boleh minta

13 05 2009
enjoy_aja

asslmkm..pak kalo sy pny spakbor motor, tp dah pecah2, bbrp bagian tuh retak..nah kalo mo meremajakan, alias direpair lg, alias dibetulin, n biar kuat gt..pake dempul apa y pak? mohon ptunjukny..thanks before..

13 05 2009
enjoy_aja

oya…tuh spaKBOr dr fiberglass pak buatnya…^^^^

15 05 2009
resinkatalis

@ryan: Wah ga punya mas… 🙂

@enjoy_aja: Wa’alaykumslm wr wb, dengan dempul biasa sudah bisa, seperti dempul decco u/ body mobil. Kalo pengen lebih kuat lagi, bagian yg retak bisa dilumuri campuran resin +katalis hingga menutupi keretakan, setelah kering di-ampelas, baru kemudian di dempul.

Semoga membantu

25 05 2009
mei

mas artikelnya bagus….
hmm saya pengila armor…
dan saya cosplayer….
mau tanya ma ….heheheh

cetakan untuk helm ironman pakek aph ya…???

maksih mas

22 06 2009
oka

boleh jg bwt maen airsoftgun wkwkwwkkw bermain jd lebih aman..heheheheh

26 06 2009
abughazy

@mei: bisa pake fiberglass sendiri atau RTV (Silicon Rubber atau gipsum. Untuk yang rumit mending pakai RTV atau lem kaca.

@oka: Ya, kalo jago design kita bisa bkin karakter2 yg lain lho.

28 06 2009
yayabk

makasih bgt y…
akhirnya nemu juga blog yang ngebahas ini…
mohon bantuanya y klo nanti saya kurang jelas..

28 06 2009
yayank

softwere papakura yang mana yang di pakai ?
free g?

28 06 2009
abughazy

Yang “Pepakura Designer” Bro, free kok. Cuma kalo mau nge-Save file hasil unfold-nya pake password [beli]. Tapi kalo cuma ngedit -> print aja sih bisa

6 07 2009
yayank

bro.. kok saya pas papakuranya saya buka dan saya open file berformat .3ds modelnya sebuah mobil.
namun hasilnya kok kecil bgt cuma satu kertas ?
gimana caranya mengatur ukuran modelnya?

6 07 2009
abughazy

Yups, secara default pepakura designer (PD) akan meng-unfold (memecah) gambar 3d kita ke dalam satu kertas saja (mode auto).

Jika ingin hasil sesuai ukuran sebenarnya, jangan lupa terlebih dulu pada “measure unit” di software 3D kita setting ke satuan cm, dan semua dimensi objek diset seperti ukuran sebenarnya. Tapi kalo bro yayank langsung memakai model mobil tentu buanyak sekali kertas yg akan dipakai, mungkin untuk mencoba, kita bisa buat model sederhana yang ukurannya sekitar 10 cm saja.

Nah, pada software PD Buka file 3D kita, kemudian:

> hilangkan tanda centang pada option “Auto” (di sebelah kanan tombol unfold).

> klik Unfold, pastikan masuk ke mode “Manual”.

> masukkan pada kotak “scale” = 10. Sedangkan option yg lain biarkan saja.

> terakhir klik OK.

Maka model 3D kita akan terpecah menjadi beberapa bagian (tergantung besar ukurannya) dan ketika disusun, dimensinya insyaAllah akan sama dengan ukuran sebenarnya.

Selamat mencoba & semoga membantu

11 07 2009
yayank

sory ni banyak nanya bro…
emang scale fungsinya tuk apa?

coz kadang kalo objeknya sampai lebih dari 1meter dia g mau di scale 10!
sory kalo ngerepotin…

w dah coba masukin 3d swing arm cbr 6oo tp g mau di scale 10…
w coba dibawahnya…eh malah kertas yang digunainya banyak bgt…

12 07 2009
abughazy

Gpp, sharing is better bro

Scale hanya mempermudah kita untuk membuat model yg ukurannya sesuai aslinya.

Dari pengalaman bikin disain Box motor (givi) di 3dsmax yang “unit measurement”nya di set=cm, dimensinya kira2 40x30x20 cm. Setelah di-set scale-nya 10 pada PD dan “unfold”, hasilnya memang sempat terpecah menjadi 8 kertas (A4). Tapi kemudian saya rapikan (tool PDnya dicoba-coba aja bro) dan hasilnya hanya cukup butuh 6 kertas (A4) saja.

Jadi mungkin desain swing-arm di 3dmaxnya perlu dilihat lagi berapa dimensinya bro? apakah sudah seperti ukuran sebenarnya. Buktinya box motor yang nota bene lebih besar dimensinya dari swing-arm bisa saya set scale-nya 10.

Dicoba lagi bro, semoga sukses…

17 07 2009
Yayank

I love u full bro . .. bner ukuran 3d objek w yg kegedean …gw tdnya g prhatiin ukuran objek w…ha3…yg w perhatiin cuma unit setup doang.. td w dah berhasil bkin single seat tp msh pke kertas hvs jd g bgt rapi…pke kertas pa bro yg kaku n bgs… Skalian harganya wat reverensi… kyaknya jd nic w modifikasi motor sendiri…h3…oh y bro tau g cara bkin lubang wat bautnya? …skali lg maaf dah ngerepotin n w bnyk2 ngucapin trimakasih sama bro …w msh bth bimbinan bro jd jngn bosen2 y.he3

17 07 2009
abughazy

Wah..kena virus Mbah Surip juga nich… 🙂

Selama ini aq pake kertas manila, cukup bagus kok. Untuk bidang yang terlalu lebar biasanya kertas akan melembek (bergelombang), ini bisa diatasi dgn ditopang kertas karton tebal/kardus, di lem dari bawah.

Untuk lubang baut, tinggal ditentukan posisi dirangka-nya, mungkin agak diberi “space” untuk bidang baut & jgn lupa ketika melakukan fiberglassing, lapisannya agak dipertebal dengan lapisan matt lebih banyak. Kalo lubang baut tidak memungkinkan biasanya pemasangan body dibantu penopang terbuat dari plat tipis flexibel untuk tempat baut. Kira2 seperti itu bro…

Jangan lupa shar-e pic-nya bro, kalo bisa step by step-nya. Biar temen2 yg lain terinspirasi.

Sukses bro yayank…

31 07 2009
Denny R R

itu RTV nya beli d mana? Boleh tau ngga tinggalnya di mana ? klo boleh kirim ke email saya di deniramagiwa@yahoo.co.id boleh. ma kasih ya.

1 10 2009
gunga

waaah kren abisss…jd pengen bisa nech…mas, klo pke polyurethane yg bentuknya cair bs bkn modeling kyq gt g?truz kra2 ada g y polyurethane yg dijual eceran,truz klo d bandung ada g y yg jual poly…gtu?
mkch….

1 10 2009
gunga

ketinggalan nech……kalo mas tw, tolong d replies k e-mail aku y mas…makasih sebelum ny…

8 11 2009
ilham

Selamat siang mas
Wah web-nya keren banget, langsung aja ya.aku mau tanya untuk teknik kreasi peakura & resin ini ada kursusnya nda?.thanx

8 11 2009
cak poer

@Denny RR: Semua bahan2 di jual di toko kimia, insyaAllah segera dikirim

@gunga: Bisa banget, malah lebih mudah membentuknya (PU lebih lunak ketika sudah keras, asalkan komposisi hardenernya ga kebanyakan). Di Bandung belum tahu euy…coba hunting di toko2 kimia, harga PU 1kg -+ Rp. 60rb-100rb

@ilham: kalo kursus tentang cara membuat benda fiberglass kayaknya ada, kreasi pepakura bisa berdiri sendiri tanpa harus dilapisi fiberglass, itu hanya opsi jika hasil kreasi ingin di rockwork-kan.

Semoga membantu

6 12 2009
andry

wow vry goog……..
he he dikit aja mas aku mo tnya, oya apa campuran fiber glass itu spy bisa lentur ? thanksssssss before

29 12 2009
yulian

master poer… ni aku pendatang baru yang masih amatirtirtir…. hehehe, tapi interest bgt belajar fiber, cuma referensi minim yang akhirnya ku telusuri mpe ke forum ini,,, thanks all. tolong nanti mohon sharingnya ya karena pasti banyak trial errornya….

12 01 2010
resinkatalis

@ yulian: OC dech…dengan senang hati

19 02 2010
gandhi

bro,gw mo tanya donk

selain pake resin,mungkin ga diaplikasikan pada clay?

15 04 2010
zenji

keren abis…

17 04 2010
Cak Poer

@gandhi:
Maksudnya karton hasil pepakuranya ditempelin clay gitu ya bro? kalo iya, bisa aja sih..tapi riskan lepas kalo ditempel di kertas karton

13 05 2010
newbiefiberglass

aloo bang…aku tertarik banget nih…ma fiberglass…pengen juga nyoba buat ironman helmet…cuman masih bingung cara buat desain 3dimensinya software udah punya yang lightwave…cuman gak tau ..gimana buatnya…trus aku coba download dan print buatan temen2 buat belajar…terkendala..cara melipat dan menyatukan potongan2 kertasnya (alias bingung bang…heheh)
tolong dishare donk bang cara desain dengan 3d trus cara menyatukan potongan dan lipatannya..setelah di print dari pepakura design….thanks banget atas bantuannya…

17 05 2010
merry

mas numpang nanya..saya kepingin membuat fiber yang bening seperti kaca..saya sudah coba membuat pake resin yg bening tapi hasilnya jauh dari harapan..and bagaimana caranya membuat permukaanya jadi licin..trim atas jawabannya

21 05 2010
dhienk

kang tanya dunk, saya bikin 3D ya pake cinema 4D.
apakah format ya suport sama PD?

21 05 2010
rio

kang teknik pembentukan kertasnya gmna saya bingung n perasaan susah bgt ya. apalgi pas penempelan pake lem, masyalloh susahnya bikin naik darah.hehehehe
mohon bimbingannya…..

2 06 2010
nat

boleh minta donwload-an pepakuranya iron yang digambar ngak.. hehe susah sih..

2 06 2010
nat

cara bikin bisa dibuka pake apa yah? bingung nih..

6 06 2010
Ihsan Prawoto

tadi saya juga nemu posting di instructable cara membuat topeng iron man… keren banget yach

10 06 2010
jazzfreak

this what i talkin about..
mantab gan suka banget..
makasi banyak ilmunya…

19 06 2010
prikitiw

gimana sih mas, caranya download 3d max,,

15 08 2010
ardi

mas kalau mau bikin buat helm motor beneran bisa gak yach kira kira apa yang perlu di tambahin mas biar layak pake buat helm bneran thx yach mas

30 08 2010
jaya kimia surabaya

Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

Bahan- Bahan Fiber Glass (Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL)

Pasta Silver

Wax

Silicone Emulsion (Semir Ban)

Silicone Rubber (Silicone Cetak)

Silicone Oil

Glitter

Bubuk Mutiara Bunglon

Bubuk Mutiara Silver

Kaneka

Bubuk Mas (Bronze Powder)

DOP

Phosfor

Effect Pigments

Pasta Sablon

Pigment Sablon

Xilarix

Pembersih Rumah Tangga

Keperluan Laundry

Dan Lain – lain

————————————————

Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
JL. Ngagel Jaya Selatan 95
(samping supermarket BILKA)
Surabaya

Coordinates: 717’37″S 11245’21″E

Telephone: 031 – 60 31 70 07

http://www.facebook.com/jayakimia

Partai & Eceran.
Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

27 10 2010
hari hone

bro bisa bantu? sy mu beli pasword pepakura designer v3.07 kesulitan nih

13 07 2011
ismail

mas q mo nanya…

kalo adonanya diolesin pake kuas, tar gimana cara ngebersihin adonanya dari kuas?

thanks b4…

16 07 2011
25092010

aku gk tau cara menggunakan pepakura, cranya gmna ea???

16 10 2011
Julie Gratilo

Bagus..bagus…
Nanya ya Bang Bro..
Ane nikin model di Autodesk(3D) terus ane buka di PD.
yang jadi masalah adalah, saya buat desain wajah saya di 3D, begitu di buka di PD, vertek nya terlalu banyak sehingga dipecah oleh PD menjadi bagian kecil-kecil. kalo lihat contoh hasil Iron Man Bang bro sepertinya vertek nya sedikit. kemudian saya kurangi verteknya di 3D, tapi wajah saya jadi amburadul.
Giamana pemecahannya Bang Bro. Terima kasih

14 02 2016
adidewa

Artikel yg bagus..

Tinggalkan komentar