Bagi yang udah keranjingan sama fiberglass, pastinya pengen terus berinovasi dan mencoba hal-hal yang baru. Hal ini tentu sahaja akan menambah kemampuan skill kita tentang fiberglass, karena kalo kita malas berlatih dan enggan bereksperimen maka bisa dipastikan pengetahuan kita akan terbatas. Boleh dibilang para ahli modifikasi atau pengrajin fiberglass di Indonesia, mereka menjadi ahli secara otodidak. Mungkin hanya sebagian kecil yang ilmunya didapat dibangku sekolah atau kuliah.
Jadi intinya, ayo maksimalkan potensi diri kita dalam berkarya!!!
(Wah kepanjangan cin-cong-nya nih he..he..)
Nah diposting terbaruku ini (lama banget ga posting rek), kita akan mencoba memanfaatkan sebuah software untuk membuat model prototype.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah model protoype, ada yang menggunakan clay, tanah liat, plastisin, kardus, styrofoam dan lain-lain. Namun kadang mungkin kita akan menemui kesulitan, ketika akan membuat sebuah model yang membutuhkan ke-detail-an dan ke-presisi-an. Hal ini bisa dibantu dengan menggunakan gabungan software 3D dan Pepakura Designer (PD). Pepakura sendiri adalah sebuah seni melipat dan menggabungkan kertas yang akan membentuk sebuah model berdimensi 3 dimensi yang konon berasal dari Negeri Sakura. Nah, berikut ini penjelasaannya:
1. Membuat layout model dengan software 3D
Yang pasti disini minimal kita harus menguasai teknik dasar modeling 3D (software 3D bisa menggunakan 3Dmax, LightWave, Maya dll) kalo aku sendiri pakai 3Dmax 7. Menggunakan teknik modeling berguna untuk pembentukan pattern sebuah model, yang nantinya setelah di-konvert ke program pepakura akan menjadi potongan-potongan bagian model.
Gbr. Disain Mask Iron Man Di 3D Max 7
Disain kahir dalam 3Dmax tidak usah di “smooth”, karena yang kita manfaatkan pattern polygon-nya sebagai tanda pelipatan dan pengguntingan kertas. Setelah disain dirasa cukup sempurna jangan lupa di-export sehingga file-nya berekstensi “.3ds” karena salah satu file yang bisa dibuka PD adalah jenis yang berekstensi .3ds.
Gbr. Dialog box export file 3dmax menjadi .3ds
2. Meng-konvert model polygon dengan Pepakura Designer
Jika model polygon dari 3Dmax sudah siap, sekarang tinggal di-konvert dengan PD. Software ini akan “memecah” model polygon menjadi potongan-potongan sisi model, sehingga ketika dicetak kedalam sebuah media (kertas, plastik dll) dapat dipotong-potong dan disusun layaknya model pepakura. Sekedar tips, jika menginginkan model yang kita bentuk ukurannya sama persis dengan desain yang kita inginkan. Pada saat pembuatan modeling polygon di 3D Max agar ukuran unit measurement-nya dijadikan menjadi “cm” dan sewaktu akan meng-unfold jangan lupa men-setting “scale”-nya menjadi 10 scale, InsyaAllah nanti hasil print-nya mendekati ukuran sebenarnya.
Gbr. Desain Mask Iron Man Yang Sudah Di-Unfold
Setelah itu baru mulai kita menyusun satu persatu hasil potongan-potongan kertas hasil dari PD. Media kertas sebaiknya menggunakan yang agak tebal, seperti kertas manila dan sejenisnya tergantung lebar model yang dibentuk.
Gbr. Hasil Penyusunan Mask Iron Man Yang Sudah 100%.
Tahap selanjutnya model kertas ini kita lapisi dengan campuran adonan resin & katalis perbandingan 20:5 biar agak cepat mengeras. Pulas dengan kuas secara bertahap sampai modelnya benar-benar mengeras.
Gbr. Model Yang Sudah Dilapisi Campuran Resin & Katalis.
Agar model yang kita buat lebih halus dan ciamik, maka kita harus berlengket-lengket ria dengan dempul. Dempul bisa menggunakan dempul mobil (begitu istilah orang Toko Bangunan)
Gbr. Model Yang Sudah Diberi Dempul.
Tahap terakhir adalah finishing yaitu pen-cat-an, tetapi pastikan model sudah sangat-sangat sempurna tidak ada kecacatan sedikitpun. Nah kira-kira seperti inilah hasil akhir jadinya:
Gbr. Hasil Akhir Model “Mask Iron Man”
Kalau pengen model dijadikan banyak, maka kita harus melakukan pe-molding-an. Banyak teknik yang bisa dipakai, bisa menggunakan silicon rubber (RTV), dengan fiberglass sendiri, clay atau gipsum. Teknik-tekniknya bisa dicari di YouTube masukin aja keyword-nya “Making Molding Using Fiberglass” insya Allah ketemu.
Selamat mencoba, good luck!!!
Sumber gambar: koleksi pribadi & instructable.com
Halo semuanya, akhirnya bisa posting lagi.
Mohon maaf buat komen2 yg belum terjawab, karena aku sangat sibuk sekali akhir-akhir ini. (Maklum musim kampanye he..he..)
Btw thx a lot kagem “pak_dhe” yg udah mbantuin njawab pertanyaan temen2. Pak_dhe juga usaha fiber ya? bagi2 dong ilmunya, ada blog atau forum ga?
Tambahan:
ini link buat download software PD http://www.tamasoft.co.jp/pepakura-en/download/download.html
Semoga membantu….
wah2 artikelnya keren2 abis bro sesuai yang aku cari tapi ni ngomong2 ad masternya 3 D max ndak ni aku minta dong hee….
saluuttt, mo nanya, punya desainnya lamborgini yang tipe reventon? klu ada boleh minta
asslmkm..pak kalo sy pny spakbor motor, tp dah pecah2, bbrp bagian tuh retak..nah kalo mo meremajakan, alias direpair lg, alias dibetulin, n biar kuat gt..pake dempul apa y pak? mohon ptunjukny..thanks before..
oya…tuh spaKBOr dr fiberglass pak buatnya…^^^^
@ryan: Wah ga punya mas… 🙂
@enjoy_aja: Wa’alaykumslm wr wb, dengan dempul biasa sudah bisa, seperti dempul decco u/ body mobil. Kalo pengen lebih kuat lagi, bagian yg retak bisa dilumuri campuran resin +katalis hingga menutupi keretakan, setelah kering di-ampelas, baru kemudian di dempul.
Semoga membantu
mas artikelnya bagus….
hmm saya pengila armor…
dan saya cosplayer….
mau tanya ma ….heheheh
cetakan untuk helm ironman pakek aph ya…???
maksih mas
boleh jg bwt maen airsoftgun wkwkwwkkw bermain jd lebih aman..heheheheh
@mei: bisa pake fiberglass sendiri atau RTV (Silicon Rubber atau gipsum. Untuk yang rumit mending pakai RTV atau lem kaca.
@oka: Ya, kalo jago design kita bisa bkin karakter2 yg lain lho.
makasih bgt y…
akhirnya nemu juga blog yang ngebahas ini…
mohon bantuanya y klo nanti saya kurang jelas..
softwere papakura yang mana yang di pakai ?
free g?
Yang “Pepakura Designer” Bro, free kok. Cuma kalo mau nge-Save file hasil unfold-nya pake password [beli]. Tapi kalo cuma ngedit -> print aja sih bisa
bro.. kok saya pas papakuranya saya buka dan saya open file berformat .3ds modelnya sebuah mobil.
namun hasilnya kok kecil bgt cuma satu kertas ?
gimana caranya mengatur ukuran modelnya?
Yups, secara default pepakura designer (PD) akan meng-unfold (memecah) gambar 3d kita ke dalam satu kertas saja (mode auto).
Jika ingin hasil sesuai ukuran sebenarnya, jangan lupa terlebih dulu pada “measure unit” di software 3D kita setting ke satuan cm, dan semua dimensi objek diset seperti ukuran sebenarnya. Tapi kalo bro yayank langsung memakai model mobil tentu buanyak sekali kertas yg akan dipakai, mungkin untuk mencoba, kita bisa buat model sederhana yang ukurannya sekitar 10 cm saja.
Nah, pada software PD Buka file 3D kita, kemudian:
> hilangkan tanda centang pada option “Auto” (di sebelah kanan tombol unfold).
> klik Unfold, pastikan masuk ke mode “Manual”.
> masukkan pada kotak “scale” = 10. Sedangkan option yg lain biarkan saja.
> terakhir klik OK.
Maka model 3D kita akan terpecah menjadi beberapa bagian (tergantung besar ukurannya) dan ketika disusun, dimensinya insyaAllah akan sama dengan ukuran sebenarnya.
Selamat mencoba & semoga membantu
sory ni banyak nanya bro…
emang scale fungsinya tuk apa?
coz kadang kalo objeknya sampai lebih dari 1meter dia g mau di scale 10!
sory kalo ngerepotin…
w dah coba masukin 3d swing arm cbr 6oo tp g mau di scale 10…
w coba dibawahnya…eh malah kertas yang digunainya banyak bgt…
Gpp, sharing is better bro
Scale hanya mempermudah kita untuk membuat model yg ukurannya sesuai aslinya.
Dari pengalaman bikin disain Box motor (givi) di 3dsmax yang “unit measurement”nya di set=cm, dimensinya kira2 40x30x20 cm. Setelah di-set scale-nya 10 pada PD dan “unfold”, hasilnya memang sempat terpecah menjadi 8 kertas (A4). Tapi kemudian saya rapikan (tool PDnya dicoba-coba aja bro) dan hasilnya hanya cukup butuh 6 kertas (A4) saja.
Jadi mungkin desain swing-arm di 3dmaxnya perlu dilihat lagi berapa dimensinya bro? apakah sudah seperti ukuran sebenarnya. Buktinya box motor yang nota bene lebih besar dimensinya dari swing-arm bisa saya set scale-nya 10.
Dicoba lagi bro, semoga sukses…
I love u full bro . .. bner ukuran 3d objek w yg kegedean …gw tdnya g prhatiin ukuran objek w…ha3…yg w perhatiin cuma unit setup doang.. td w dah berhasil bkin single seat tp msh pke kertas hvs jd g bgt rapi…pke kertas pa bro yg kaku n bgs… Skalian harganya wat reverensi… kyaknya jd nic w modifikasi motor sendiri…h3…oh y bro tau g cara bkin lubang wat bautnya? …skali lg maaf dah ngerepotin n w bnyk2 ngucapin trimakasih sama bro …w msh bth bimbinan bro jd jngn bosen2 y.he3
Wah..kena virus Mbah Surip juga nich… 🙂
Selama ini aq pake kertas manila, cukup bagus kok. Untuk bidang yang terlalu lebar biasanya kertas akan melembek (bergelombang), ini bisa diatasi dgn ditopang kertas karton tebal/kardus, di lem dari bawah.
Untuk lubang baut, tinggal ditentukan posisi dirangka-nya, mungkin agak diberi “space” untuk bidang baut & jgn lupa ketika melakukan fiberglassing, lapisannya agak dipertebal dengan lapisan matt lebih banyak. Kalo lubang baut tidak memungkinkan biasanya pemasangan body dibantu penopang terbuat dari plat tipis flexibel untuk tempat baut. Kira2 seperti itu bro…
Jangan lupa shar-e pic-nya bro, kalo bisa step by step-nya. Biar temen2 yg lain terinspirasi.
Sukses bro yayank…
itu RTV nya beli d mana? Boleh tau ngga tinggalnya di mana ? klo boleh kirim ke email saya di deniramagiwa@yahoo.co.id boleh. ma kasih ya.
waaah kren abisss…jd pengen bisa nech…mas, klo pke polyurethane yg bentuknya cair bs bkn modeling kyq gt g?truz kra2 ada g y polyurethane yg dijual eceran,truz klo d bandung ada g y yg jual poly…gtu?
mkch….
ketinggalan nech……kalo mas tw, tolong d replies k e-mail aku y mas…makasih sebelum ny…
Selamat siang mas
Wah web-nya keren banget, langsung aja ya.aku mau tanya untuk teknik kreasi peakura & resin ini ada kursusnya nda?.thanx
@Denny RR: Semua bahan2 di jual di toko kimia, insyaAllah segera dikirim
@gunga: Bisa banget, malah lebih mudah membentuknya (PU lebih lunak ketika sudah keras, asalkan komposisi hardenernya ga kebanyakan). Di Bandung belum tahu euy…coba hunting di toko2 kimia, harga PU 1kg -+ Rp. 60rb-100rb
@ilham: kalo kursus tentang cara membuat benda fiberglass kayaknya ada, kreasi pepakura bisa berdiri sendiri tanpa harus dilapisi fiberglass, itu hanya opsi jika hasil kreasi ingin di rockwork-kan.
Semoga membantu
wow vry goog……..
he he dikit aja mas aku mo tnya, oya apa campuran fiber glass itu spy bisa lentur ? thanksssssss before
master poer… ni aku pendatang baru yang masih amatirtirtir…. hehehe, tapi interest bgt belajar fiber, cuma referensi minim yang akhirnya ku telusuri mpe ke forum ini,,, thanks all. tolong nanti mohon sharingnya ya karena pasti banyak trial errornya….
@ yulian: OC dech…dengan senang hati
bro,gw mo tanya donk
selain pake resin,mungkin ga diaplikasikan pada clay?
keren abis…
@gandhi:
Maksudnya karton hasil pepakuranya ditempelin clay gitu ya bro? kalo iya, bisa aja sih..tapi riskan lepas kalo ditempel di kertas karton
aloo bang…aku tertarik banget nih…ma fiberglass…pengen juga nyoba buat ironman helmet…cuman masih bingung cara buat desain 3dimensinya software udah punya yang lightwave…cuman gak tau ..gimana buatnya…trus aku coba download dan print buatan temen2 buat belajar…terkendala..cara melipat dan menyatukan potongan2 kertasnya (alias bingung bang…heheh)
tolong dishare donk bang cara desain dengan 3d trus cara menyatukan potongan dan lipatannya..setelah di print dari pepakura design….thanks banget atas bantuannya…
mas numpang nanya..saya kepingin membuat fiber yang bening seperti kaca..saya sudah coba membuat pake resin yg bening tapi hasilnya jauh dari harapan..and bagaimana caranya membuat permukaanya jadi licin..trim atas jawabannya
kang tanya dunk, saya bikin 3D ya pake cinema 4D.
apakah format ya suport sama PD?
kang teknik pembentukan kertasnya gmna saya bingung n perasaan susah bgt ya. apalgi pas penempelan pake lem, masyalloh susahnya bikin naik darah.hehehehe
mohon bimbingannya…..
boleh minta donwload-an pepakuranya iron yang digambar ngak.. hehe susah sih..
cara bikin bisa dibuka pake apa yah? bingung nih..
tadi saya juga nemu posting di instructable cara membuat topeng iron man… keren banget yach
this what i talkin about..
mantab gan suka banget..
makasi banyak ilmunya…
gimana sih mas, caranya download 3d max,,
mas kalau mau bikin buat helm motor beneran bisa gak yach kira kira apa yang perlu di tambahin mas biar layak pake buat helm bneran thx yach mas
Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:
Bahan- Bahan Fiber Glass (Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL)
Pasta Silver
Wax
Silicone Emulsion (Semir Ban)
Silicone Rubber (Silicone Cetak)
Silicone Oil
Glitter
Bubuk Mutiara Bunglon
Bubuk Mutiara Silver
Kaneka
Bubuk Mas (Bronze Powder)
DOP
Phosfor
Effect Pigments
Pasta Sablon
Pigment Sablon
Xilarix
Pembersih Rumah Tangga
Keperluan Laundry
Dan Lain – lain
————————————————
Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
JL. Ngagel Jaya Selatan 95
(samping supermarket BILKA)
Surabaya
Coordinates: 717’37″S 11245’21″E
Telephone: 031 – 60 31 70 07
http://www.facebook.com/jayakimia
Partai & Eceran.
Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..
bro bisa bantu? sy mu beli pasword pepakura designer v3.07 kesulitan nih
mas q mo nanya…
kalo adonanya diolesin pake kuas, tar gimana cara ngebersihin adonanya dari kuas?
thanks b4…
aku gk tau cara menggunakan pepakura, cranya gmna ea???
Bagus..bagus…
Nanya ya Bang Bro..
Ane nikin model di Autodesk(3D) terus ane buka di PD.
yang jadi masalah adalah, saya buat desain wajah saya di 3D, begitu di buka di PD, vertek nya terlalu banyak sehingga dipecah oleh PD menjadi bagian kecil-kecil. kalo lihat contoh hasil Iron Man Bang bro sepertinya vertek nya sedikit. kemudian saya kurangi verteknya di 3D, tapi wajah saya jadi amburadul.
Giamana pemecahannya Bang Bro. Terima kasih
Artikel yg bagus..